Tugas Minggu Ke Empat

Jumat, 16 April 2010

'Analisis Model Lima Kekuatan Porter Pada Swalayan TIP TOP'


Untuk menganalisis persaingan bisnis Porter menggabungkan kelima kekuatan untuk membentuk lingkungan bisnis. Porter merancang model dasar untuk diterapkan pada seluruh industri. Analisa Porter ini memberikan gambaran mengenai bagaimana tingkat persaingan dari suatu industri, baik itu dari sisi supply chain (supplier dan pelanggan) serta pasar (pemain baru dan subtitusi). Keempat dari dorongan ini memberikan kontribusi terhadap competitive rivalry atau tingkat persaingan dalam industri.

Porter menjelaskan bahwa dalam setiap industri ada lima kekuatan yang mempengaruhi apa yang terjadi dalam industri, yaitu:


1. Substitusi

2. Pemasok

3. Pembeli/Pengguna Jasa


4. Persaingan antar penjual dalam satu industri

5. Pendatang baru potensial




Di bawah ini adalah analisis lima kekuatan Porter pada Swalayan TIP TOP :



1.Substitusi
persaingan berdasarkan substitusi merupakan persaingan dari pelayana-pelayan dan kelengkapan dalam kebutuhan-kebutuhan yang masyarakat inginkan. Dalam hal ini persaingan substitusi Pasar Swalayan TIP TOP adalah Pasar-pasar swalayan lainya dan untuk menghadapi persaingan tersebut dengan menambah atau memberikan pelayanan dan kenyamanan serta kepuasan terhadap semua kalangan di Indonesia.



2.Pemasok
untuk menghadapi persaingan pemasok, Pasar swlayan TIP TOP melakukan hubungan baik dengan para supplier-suplier kebutuhan masyarakat.



3.Pembeli / Pengguna jasa

Pembeli Pasar Swalayan TIP TOP adalah semua kalangan masyarakat dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menambah atau memberikan pelayanan dan kenyamanan serta kepuasan terhadap semua kalangan di Indonesia.




4.Persaingan antar penjual dalam satu industri


Untuk persaingan Pasar Swalayan TIP TOP adalah Pasar-pasar swalayan lainya. Strategi yang digunakan untuk menghadapi persaingan ini yaitu dengan cara menambah, memenuhi dan memperbaiki fasilitas-fasilitas yang diinginkan masyarakat.



5.Pendatang baru potensial


pendatang baru potensial di industri perdagangan lebih banyak dari industri-industri yang di miliki oleh perusahaan asing . Cara menghadapinya dengan memberikan harga yang terjangkau, kenyamanan dan keamanan serta kepuasan dalam berbelanja.


Sumber : www.google.com



0 komentar: to “ Tugas Minggu Ke Empat

Posting Komentar

Design by Pocket

Template Brought by :

blogger templates